Langsung ke konten utama

Membaca Peluang Pasar


MEMBACA PELUANG PASAR

Pada saat saya pergi ke cilegon,terdapat banyak makanan yang ada.
Ø  Saya mendengar banyak anak kosan yang suka sekali dengan martabak,
Ø  Udara di cilegon pada malam hari juga sejuk,
Ø  Dan saya  tidak melihat pedagang martabak di daerah tersebut(mungkin ada tetapi sedikit,karna tak telihat). terfikir oleh saya untuk berdagang martabak telor  dengan inovasi super keju dikawasan kota cilegon,
Ø  Banyak yang bekerja di kerakatau steal dan Krakatau di bidang lainya
oke,saya akan memasukan ilmu-ilmu ekonomi yang telah saya kuasai.
Ada 3 persoalan pokok ekonomi
A.      What(apa)
         Sudah terpenuhi,saya akan menjual martabak
B.      How(bagaimana)
         Sudah terpenuhi,saya akan menjual martanbak telor dengan penuh kreativitas tanpa mengubah khas dari martabak yang saya jual,tetapi ada tambahannya dengan super keju.                                            
C.      For whom(untuk siapa barang itu di produksi)
          Sudah terpenuhi,martabak itu di produksi untuk:
a)      Masyarakat yang bertempat tinggal di cilegon       d) orang yang mengekos
b)      Pegawai dan buruh (pekerja )di Krakatau steal       e) masyarakat lainya
c)       Pekerja di rumah sakit Krakatau
Letak tempat peluang pasar di cilegon
Penjualan akan dilakukan di pusat area pemukiman warga yang banyak mendirikan kos-kosan (tepatnya sekitar 1km dari pusat pabrik Krakatau steal.)agar memudahkan masyarakat,pekerja,anak kos-kosan untuk menjangkaunya.

Rumah tangga produksi:
1.      Alam             :dengan suasana di malam hari yang begitu sejuk membuat makanan yang saya
                           jual laku.
2.     Pemerintah :Mengurangi penganguran(karena membuka lapangan pekerjaan),dengan
                            kebijakan pemerintah yang membantu usaha rakyat
3.      Teknologi     : Saya mengunakan lampu yang terang untuk memberi rasa penasaran dan
                            mengundang  perhatian ,menerima pesan antar bisa melalui telepon,dan
                            mengunakan twitter sebagai  alat informasi.
4.     Sosial             :dalam social membuat aneka makanan baru di daerah tersebut akan menjadikan
                         pancingan untuk masyarakat setempat lebiah inovasi dan kreatif.
5.     Ekonomi       : tingkat pendapatan bersih sangat memuaskan  Rp. 3.495.000/bulan
                         dengan total bahanbaku yang  hanya mencapai  12.000/martabak super keju 4          
                         telur, Dengan perincian tingkat pendapatan dan total bahan baku sebagai berikut:
Perhitungan untuk mendapatkan laba dalam menjual matabak:

1.       Peralatan yang di perlukan dan harganya:
·         Gerobak =Rp.2.000.000
·         Kompor gas mini =Rp.200.000
·         Wajan martabak =Rp.400.000
·         Dan peralatan-peralatan lainya =Rp.400.000
·         Gas mini =Rp.125.000
TOTAL PERALATAN YANG DI PERLUKAN =Rp.3.125.000 umur ekonomis 4 tahun.
Isi gasmini =Rp.15.000
2.       Sewa tempat dan orang yang membantu membuat martabak
·         Sewa tempat(per 1 bulan ) =Rp.500.000
·         Membayar jasa yang membantu membuat  martabak=Rp.700.000
     TOTAL SEWA TEMPAT DAN ORANG YANG MEMBANTU MEMBUAT MARTABAK =Rp.1.200.000
3.       Bahan – bahan yang di perlukan dalam membuat martabak telur dan harganya
·         Telur bebek(per 1an)      =Rp.1.500
·         Adonan          (per 1an)   =Rp.2.000
Daun bawang dan bawang bombay(per 1 martabak)   =Rp.1.000
Daging cincang sapi(per 1an)=Rp.5.000
Tambahan :
·         Keju                         =Rp.1.500
·         Daging cincang      =Rp.2.500
Cara menghitung laba dalam martabak telur
Ø  Martabak super keju  4 telur=Rp.28.000
 Total Harga bahan –bahan yang digunakan =Rp.12.000
28.000-12.000=16.000(PER Martabak super keju  4 telur  KEUNTUNGAN Rp.16.000)
Ø  Martabak super keju 3 telur =Rp.26.500
Total Harga bahan –bahan yang digunakan =10.500
26.500-10.500=16.000(per martabak super keju 3 telur KEUNTUNGAN Rp.16.000)
Ø  Martabak super keju 2 telur =25.000
Total Harga bahan-bahan yang di gunakan =9.000
25.000-10.500=16.000(per martabak super keju 2 telur KEUNTUNGAN Rp.16.000)
Menghitung laba/RUGI per bulan:
Minimal 10 martabak per hari dengan keuntungan =Rp.160.000 *30=Rp.4.800.000
keuntungan minimal -Total sewa dan upah orang yang membantu-isi gas mini-penyusutan per bulan=laba bersih
4.800.000-1.200.000-90.000(6 kali isi)-104.200(digenapkan)=Rp.3.495.000
Laba bersih (per 1 bulan )=Rp. Rp.3.495.000

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Ekonomi Gerakan Benteng

Sistem Ekonomi Gerakan Benteng Sistem ekonomi Gerakan Benteng merupakan usaha pemerintah Republik Indonesia untuk mengubah struktur ekonomi yang berat sebelah yang dilakukan pada masa Kabinet Natsir yang direncanakan oleh Sumitro Djojohadikusumo (menteri perdagangan). Program ini bertujuan untuk mengubah struktur ekonomi kolonial menjadi struktur ekonomi nasional (pembangunan ekonomi Indonesia). Programnya adalah: Menumbuhkan kelas pengusaha dikalangan bangsa Indonesia. Para pengusaha Indonesia yang bermodal lemah perlu diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional. Para pengusaha Indonesia yang bermodal lemah perlu dibimbing dan diberikan bantuan kredit. Para pengusaha pribumi diharapkan secara bertahap akan berkembang menjadi maju. Gagasan Sumitro ini dituangkan dalam program Kabinet Natsir dan Program Gerakan Benteng dimulai pada April 1950. Hasilnya selama 3 tahun (1950-1953) lebih kurang 700 perusahaan bangs...

Pengaruh Individu

Pengaruh Individu Dalam perilaku konsumen banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah individu itu sendiri. Setiap individu yang satu dengan individu yang lain dalam mengkonsumsi suatu barang dan jasa pasti berbeda. Tetapi adakalanya seorang individu dalam mengkonsumsi suatu barang atau jasa dipengaruhi oleh individu lain sehingga individu tersebut mengikuti individu yang mempengruhinya. Pengaruh Individu adalah tenaga pendorong dalam diri individu yang memaksa mereka untuk bertindak . tenaga pendorong tersebut dihasilkan oleh keadaan tertekan, yang timbul sebagai akibat kebutuhan yang tidak terpenuhi. Individu secara sadar maupun tanpa sadar berjuang mengurangi melalui prilaku yang mereka harapankan akan memenuhi kebutuhan mereka dan demikian akan membebaskan mereka dari tekanan yang mereka rasakan       Kebutuhan dan sasaran berbeda-beda Antar-Individu Orang tidak dapat menyimpulkan dengan tepat berbagai motif dari perilaku. Or...

UNDERSTANDING MANAGEMENT

UNDERSTANDING MANAGEMENT Management in my opinion is a step-by- step , action , and the process by a person or group who perform management to get tujuanya . When viewed from the literature , the existing literature , the notion of management can be viewed from three ( 3) terms : 1 . Management as a process 2 . Management as a human collectivity 3 . Management as a science and as art A process , management functions : 1 . Planning 2 . Organization 3 . Actuating ( mengerakan , movement ) 4 . Controlling ( monitoring ) 5 . 5 . r eporting ( mementau )