PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN
Proses pengambilan keputusan pembelian ada lima tahap yaitu
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, pengevaluasian alternatif,
keputusan pembelian, dan perilaku setelah pembelian
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
Tetapi pada faktanya banyak orang melakukan suatu pembelian dengan pandangan dari masing individu terhadap suatu produk yang di nilai baik.
Pengenalan Kebutuhan
Suatu keadaan dimana individu merasa sangat membutuhkan sesuatu,missalkan makan,minum,dll. Sehingga individu tersebut memfokuskan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan
Suatu keadaan dimana individu merasa sangat membutuhkan sesuatu,missalkan makan,minum,dll. Sehingga individu tersebut memfokuskan keinginannya kepada sesuatu yang paling ia butuhkan
Hal ini juga dapat terjadi dengan adanya rangsangan eksternal,
misalkan kita tertarik oleh mobil atau motor hasil pembicaraan dengan
individu lain sehingga mendorong kita untuk ingin mempunyai mobil atau
motor tersebut.
Pencarian Informasi
proses pencarian informasi yang muncul dari rasa ingin lebih tau tentang
apa yang ia butuhkan,dengan mencari sumber – sumber yang akurat .
Pengevaluasian Alternatif
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
Misalkan individu mendapat informasi dengan berbagai merek dan harga yang berfariasi,di pastikan hal ini akan mempengaruhi tingkat alternative yang akan diambil oleh individu tersebut
Keputusan Pembeli
Keputusan pembelian ini di ambil setelahmndapakan informasi yang cukup dalam menentukan keputusan sesuai informasi
Keputusan pembelian ini di ambil setelahmndapakan informasi yang cukup dalam menentukan keputusan sesuai informasi
Perilaku Setelah Pembelian
rasa komentar pembeli merasa puas atau tidak dalam suatu hal yang di belinya.
Referensi sumber:
http://dhyesimple.blog.com/2011/10/22/proses-pengambilan-keputusan-oleh-konsumen/
Komentar
Posting Komentar