Pengaruh keluarga
dan rumah tangga
Ø Rumah
Tangga
Rumah tangga (household) adalah istilah lain yang
kerap digunakan oleh para pemasar sewaktu mendeskripsikan perilaku konsumen. Rumah
tangga berbeda dengan keluarga, rumah tangga mendeskripsikan semua orang
baik yang berelasi maupun tidak berelasi yang tinggal dan menempati satu unit
perumahan.
Haverty mengidentifikasikan variabel utama yang
terlibat adalah :
Fungsi Produksi Rumah
Tangga, terdiri dari :
Fungsi Pembelian
Produksi Rumah Tangga
Fungsi Konsumsi
Fungsi Pasar Tenaga Kerja
Fungsi Pemeliharaan Keluarga
· VARIABEL SOSIOLOGIS YANG MEMPENGARUHI KELUARGA
Pemasar juga perlu menganalisis variabel nonekonomi
untuk meramalkan perilaku pembelian. Bagaimana keluarga mengambil keputusan
dapat dimengerti dengan lebih baik dengan mempertimbangkan dimensi sosiologis
seperti kohesi, kemampuan beradaptasi (adaptability), dan komunikasi. Kohesi
adalah pertalian emosi yang dimiliki para anggota keluarga satu sama lain.
Kohesi merupakan ukuran seberapa dekat yang dirasakan oleh para anggota
keluarga terhadap satu sama lain pada tingkat emosi. Kohesi merefleksikan
perasaan keterkaitan dengan atau keterpisahan dari anggota lain dalam keluarga.
Kemampuan keluarga dalam beradaptasi adalah
kemampuan sistem perkawinan atau keluarga untuk mengubah struktur kekuasaannya,
hubungan peranan, dan kaidah hubungan sebagai respon terhadap stress
situasional dan perkembangan. Kemampuan keluarga dalam beradaptasi adalah
ukuran seberapa baik keluarga dapat memenuhi tantangan yang disajikan oleh
kebutuhan yang berubah. Komunikasi adalah dimensi untuk memudahkan yang kritis
bagi gerakan pada dua dimensi yang lain. Keterampilan berkomunikasi yang
positif memungkinkan keluarga untuk berbagi satu sama lain, kebutuhan dan preferensi
mereka yang berubah-ubah sebagaimana berhubungan dengan kohesi dan kemampuan
beradaptasi.
KEPUTUSAN PEMBELIAN KELUARGA
Keluarga adalah “pusat pembelian” yang
merefleksikan kegiatan dan pengaruh individu yang membentuk keluarga
bersangkutan. Individu membeli produk untuk dipakai sendiri dan untuk dipakai
oleh anggota keluarga yang lain.
Sumber :
http://andinicliquers.wordpress.com/2010/11/03/pengaruh-rumah-tangga-dan-keluarga-dalam-perilaku-konsumen/
Komentar
Posting Komentar